Saturday, 17 May 2014

Tips menegur

Ini merupakan tips cara menegur dari senior kepada junior di tempat kerja.
Apa yang harus dikerjakan dan apa yang harus dihindari?
Kelihatannya sederhana, tapi kenyataannya merupakan tugas yang tidak menyenangkan karena bisa menimbulkan pertengkaran atau sakit hati.
Ini tipsnya:
  • Amati cermat karyawan yang akan diberi tegur, jangan sampai terjadi kesalahan orang. Cari waktu dan tempat yang tepat untuk menegur.
  • Hindari subyektifitas dan jangan percaya isu yang beredar dilinkungan. Bukti dan evaluasi sebelum memberikan tindakan agar dapat dipertanggung jawabkan.
  • Jangan menganggap pekerjaan itu wewenang yang dijadikan prioritas, tapi pandanglah tindakan menegur sebagai upaya memperbaiki.
  • Anggap tugas menegur adalah langkah akhir yang harus ditempuh setelah langkah2 pendekatan lain dilakukan.
  • Siapkan materi teguran yang dapat memberikan motivasi dan solusi dari masalah yang ada. Hindari teguran yang memunculkan masalah baru.

No comments:

Post a Comment