Apa yang harus dikerjakan dan apa yang harus dihindari?
Kelihatannya sederhana, tapi kenyataannya merupakan tugas yang tidak menyenangkan karena bisa menimbulkan pertengkaran atau sakit hati.
Ini tipsnya:
- Amati cermat karyawan yang akan diberi tegur, jangan sampai terjadi kesalahan orang. Cari waktu dan tempat yang tepat untuk menegur.
- Hindari subyektifitas dan jangan percaya isu yang beredar dilinkungan. Bukti dan evaluasi sebelum memberikan tindakan agar dapat dipertanggung jawabkan.
- Jangan menganggap pekerjaan itu wewenang yang dijadikan prioritas, tapi pandanglah tindakan menegur sebagai upaya memperbaiki.
- Anggap tugas menegur adalah langkah akhir yang harus ditempuh setelah langkah2 pendekatan lain dilakukan.
- Siapkan materi teguran yang dapat memberikan motivasi dan solusi dari masalah yang ada. Hindari teguran yang memunculkan masalah baru.
No comments:
Post a Comment